Categories
Otomotif

Mini Countryman Cooper S Kenyamanan & Handling

Langsung saja, Countryman generasi kedua ini adalah Mini Cooper ternyaman yang pernah kami coba. Tak sia-sia BMW menekankan karakter crossover lebih kuat, karena ground clearance lebih tinggi, kini 165 mm. Plus profil ban lebih besar dan wheelbase panjang, benar membuat pengalaman keseluruhannya tak hanya lebih nyaman dibanding Countryman R60, tapi juga seluruh line up MINI sekarang. Ini juga pertama kalinya kami tak perlu mengeluh di dalam sebuah MINI ketika melaju melewati jalan berkontur buruk, hingga melewati polisi tidur atau lubang sekaligus.

Memang tak sampai plushy, karena ban Pirelli Cinturarto P7-nya masih jenis run flat. Namun berkat profil tebal 225/50-nya, rasa kasar khas brand Inggris ini jadi jauh tereduksi. Namun untuk sebuah MINI, posisi duduk bahkan di paling rendah pun terasa cukup tinggi. Cocok untuk profil crossover Countryman.

Ini juga kabar baik di Indonesia mengingat banyaknya permukaan jalan tak rata. Tidak dengan Countryman yang ground clearance-nya mencapai 165 mm. Sementara setir terasa lebih berat dibanding mayoritas EPS, sayangnya tidak senatural varian lainnya yang lebih kecil.

Tetap saja bermanuver di kecepatan tinggi pada mode Sport dengan DCC, membuat meliuk-liuk terasa di dalam mobil yang berukuran jauh lebih kompak.